Senin, 21 Mei 2012

Bunga Lily (Lilium Candidum L.)

 Lily atau yang memiliki nama latin Lilium Candidum L. merupakan jenis tanaman berbunga yang tumbuh dari umbi dan telah dikenal sejak zaman Yunani kuno. Bunga ini tumbuh dan banyak ditemui
Lily sebagai hiasan meja
di sepanjang daratan Mediterania dan Asia Barat. Lily akan mulai bermekaran setiap bulan Mei.
Bunga Lily melambangkan keanggunan dan kecantikan, sehingga tak heran bunga ini sering sekali terlihat tertata rapi sebagai penghias meja dan juga penambah keanggunan pada pesta pernikahan.
Bunganya terdiri dari 6 kelopak yang cukup besar dan menghasilkan aroma yang wangi, memiliki beragam warna putih, kuning, merah muda, bahkan ada pula yang berbintik-bintik dan bergaris-garis lembut. 
Lily sebagai hiasan pernikahan
Terdapat sekitar 100 jenis bunga Lily yang menyebar di seluruh dunia. Adapun jenis bunga Lily yang terkenal yaitu Madonna Lily, Tiger Lily, Asiatic Lily, Oriental Trumpet, Rubrum Lily, Canna Lily, Calla Lily, Daylily dan Wild Lily.
Bunga Lily sangat disukai dikarenakan bentuknya yang elegan dan minimalis namun tetap tak menutupi keanggunan dan kecantikannya. Selain itu juga bunga lily dapat bertahan hidup lebih lama serta memiliki wangi yang dapat bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan bunga lainnya, sehingga tak jarang pula bunga ini juga dimanfaatkan untuk pembuatan parfum.

Bunga Lily sekarang sudah banyak di tumbuhkembangkan di dunia pertanian, tak hanya dikarenakan bunganya yang cantik dan menarik, tapi juga karena bunga ini memiliki banyak khasiat, antara lain :
  1. Membantu menyembuhkan dan menghilangkan bekas luka di kulit, misalnya luka bakar, luka akibat jatuh. Dan kelebihannya, Lily dapat menyembuhkan luka tanpa bekas. Kulit Anda akan kembali mulus seperti semula.
    Taman Lily
  2. Saponin pada umumnya terdapat pada umbi-umbian dan biji-bijian. Saponin berfungsi untuk menghambat pertumbuhan kanker dan membantu mengatur kadar kolesterol. Saponin ini juga terkandung di dalam Lily, itulah sebabnya beberapa produk kosmetik ada yang memanfaatkan bunga Lily untuk mencegah berkembangnya sel kanker di kulit (apalagi jika kulit terlalu sering terkena sorotan sinar matahari secara langsung).
  3.  Ekstrak bunga Lily dapat membantu menjaga kelembaban kulit, memberikan perawatan spesial bagi kulit kering, kulit iritasi dan kulit sensitif.
  4. Polisakarida yang juga terkandung di dalam bunga ini termasuk dalam kelompok hidrokoloid, fungsinya membantu meningkatkan viskositas dan kestabilan kelembaban air yang ada di kulit. Di dalam kulit, polisakarida ini menahan kadar air yang ada agar tetap berada dalam jumlah yang seimbang.
Tak hanya itu, bunga lily juga dimanfaat kan sebagai bahan kosmetika dan bahan pembuatan parfum. Dikarenakan banyaknya manfaat dari bunga lily, tak heran banyak yang menyukai bunga ini. 

Aku juga menyukai bunga ini, awalnya hanya tahu namanya dari teman (red: kiki) Tapi setelah di search gambar serta infonya, akhirnya bunga ini menjadi favoritku. Dan aku juga akhirnya menjadikan bunga  ini sebagai hiasan dikamarku. it's so beautiful :)
 
bunga lily di kamarku :)

Berikut galeri bunga lily dengan berbagai jenis warna

Lily Putih

Lily merah muda

Lily jingga
Lily kuning
Lily shiroi, asal Jepang
Lili Calla
Martagon Lily
Calla Flame
ragam tanaman lily
Lily dengan berbagai variasi warna

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar